Pages

Rabu, 04 November 2009

BZMM

Biker Zone Monster Matic (BZMM) adalah sebuah komunitas yang dibentuk untuk membangun jaringan komunikasi antara pemakai motor matic dari segala merek yang beredar di Indonesia maupun yang didatangkan langsung secara Build Up dari negara luar. Didukung oleh bengkel yang terkemuka dan menjadi Trend Setter dalam dunia motor matic, tidak salah jika anda menjadi anggota dari Biker Zone Monster Matic (BZMM)

Aliran Club ini adalah :"Matic Speed Lover" Sejarah nya: Awal komunitas ini terbentuk dari sekelumpulan pemakai motor matic dari segala merek yang sering kumpul/Customer/konsumen di Biker Zone. Mereka awalnya adalah anggota dari beberapa club motor matic juga. Tetapi seiring dengan berjalannya waktu mereka merasa kreatifitas mereka terhalang oleh club-club mereka sendiri.

Dan dirasakan didalam club mereka hanya menyampaikan teknologi-teknologi yang sudah usang,karena tidak ada riset & development terhadap jenis motor-motor mereka,Para anggota dalam club mereka pun banyak yang tidak tahu tentang motor matic,karena motor matic sendiri masih hal yang baru di Indonesia ini,selain itu club-club yang mereka ikuti adalah satu merek dan satu tipe motor saja,sedangkan teknologi CVT sebenarnya sama saja pada semua merek motor matic.Dengan demikian komunitas kami mempunyai ciri khas tersendiri dibanding club-club/komunitas yang sudah ada sekarang ini. Peace Salam Matic
(source : www.umild.com)
Diposkan oleh motor matic mania di 09:33
Label: berita
Sejarah Kaca Spion

Buanyak biker's menggangap kaca spion sebagai "pajangan" belaka, ada juga yang mengganggap kaca spion membuat motor terlihat kurang oke dan gaul.

Jadi banyak para biker lepas kaca spion atau mengganti kaca spion yang terlihat kurang gaul, tapi sayangnya spion tersebut tidak berfungsi. Hal seperti itu sangat berbahaya bagi pengendara sendiri dan juga membahayakan pengendara lain.
Anda tau nggak sejarahnya kaca spion? Berikut sejarah kaca spion. Dulu di awal 1900-an sewaktu mobil masih merupakan barang baru, dan balap mobil baru mulai berkembang, setiap peserta balap mobil selalu membawa mekanik.
Tugas mekanik ini adalah untuk memperbaiki mobil kalau rusak sewaktu balapan. Dengan makin berkembangnya teknologi, mesin mobil jadi lebih canggih dan jarang rusak dan mekanik tidak lagi diperlukan.

Fungsi mekanik ini kemudian berubah menjadi "pengamat" yang membantu pengemudi. Jadi mekanik ini kemudian bertugas mengamati keadaan di belakang mobil mereka, supaya pengemudi bisa tahu kalau ada mobil peseerta lain yang akan "menyalip" mereka. Setiap mobil yang ikut balap mobil pada era tersebut selalu membawa dua penumpang, satu bertugas mengemudikan mobil dan satu lagi bertugas mengamati keadaan di belakang mereka.

Kemudian di tahun 1911 di lomba balap Indianapolis 500, satu orang peserta kesulitan mencari mekanik untuk menjadi pengamat untuk mengawasi keadaan dibelakang. Sebagai jalan keluar dia kemudian memasang cermin di mobilnya. Dengan memakai cermin ini dia bisa melihat kalau ada peserta balap lainnya yang akan mendahului atau nyalip. Karena beban yang diangkut lebih ringan, mobilnya bisa jalan lebih cepat dan akhirnya dia memenangkan lomba balap tersebut. Di tahun berikutnya semua mobil peserta balapan memasang kaca spion di mobil mereka, dan sejak saat itu semua mobil memakai kaca spion.
Jadi buat para biker yang belum pakek spion dan spionnya belum memenuhi standar, pasang dulu kaca spion yang benar-benar berfungsi. Jangan tidak pakai spion, atau kaca spion cuma buat pajangan saja. Berbahaya buat pengendara lain dan juga biar nggak di tilang pak polisi. Mending di tilang cewek dari pada pak polisi. Betul nggak????? Hehehe…..10000X.











Diposkan oleh motor matic mania di 09:32
Label: berita
Menghadapi rintangan di jalan

Jalan raya memiliki kualitas yang bervariasi. Ada yang halus dan mulus, ada yang bergelombang, bahkan berlubang-lubang. Berikut ini tips untuk menghadapi kondisi jalan yang beragam.

Jalan dengan genangan air
Saat melewati genangan air, usahakan untuk mengurangi kecepatan karena genangan air membuat traksi ban berkurang. Jika kondisi lalu lintas disekitarnya memungkinkan, usahakan untuk menghindarinya karena kita tidak tahu sedalam apa genangan air tersebut.

Jalan dengan banyak pasir, berlumpur atau banyak daun kering
Jalan seperti ini juga bisa membuat kita kehilangan kontrol kemudi atau ban selip. Cara terbaik memang dengan menghindari, namun jika sudah terlalu dekat akan sangat berbahaya untuk berbelok-belok menghindar. Sebaiknya kurangi kecepatan dan melintas secara perlahan.

Polisi tidur
Saat melewati polisi tidur, kurangi kecepatan dan lewati secara tegak lurus.

Jalan bergelombang atau berbatu-batu
Untuk melewati jalan seperti ini, gunakan gigi rendah dan melintas perlahan dengan hati-hati. Hindari memindah gigi dan berkendara dengan sedikit mengangkat pinggang akan lebih memudahkan untuk menyeimbangkan kendaraan.

Melewati lempeng baja Pada jalan yang sedang ada perbaikan jembatan atau gorong-gorong misalnya, kadang kita harus berjalan diatas lempeng baja. Jika kondisi basah dan sedikit berlumpur, lempeng baja akan menjadi sangat licin. Melintaslah dengan perlahan dan hati-hati.

Tumpahan oli
Oli yang tumpah dijalan sangat membahayakan karena dapat menghilangkan traksi ban, kemudi menjadi susah dikontrol. Saat melewati tumpahan oli, usahakan jangan sampai melewati dengan kondisi miring / berbelok. Lebih baik berjalan tegak lurus dan usahakan mengurangi kecepatan.

Kondisi hujan
Jalan yang basah membuat jarak pengereman menjadi lebih jauh. Jaga jarak lebih panjang agar terhindar dari tabrak belakang. Saat berbelok juga harus dalam kecepatan yang lebih rendah dari pada saat kita melewati dalam kondisi kering.

Mungkin beberapa keterangan diatas dapat mengingatkan kita saat kita berkendara agar dapat berkendara secara aman.
(source : www.yamaha-motor.co.id)
Diposkan oleh motor matic mania di 09:31
Label: Tips n Trik
Asesori Berkendara yang Aman dan Nyaman
Seiring dengan semakin tingginya kesadaran untuk berkendara secara aman dan nyaman, terutama untuk anda yang senang bepergian jarak jauh dengan menggunakan sepeda motor. Kami akan mengulas sedikit dan membahas tentang perlengkapan berkendara yang patut dipakai pada saat kita berkendara.

Apparels
Yang dimaksud dengan safety apparels dalam pembahasan kali ini adalah asesoris yang kita pakai dalam berkendara untuk meminimalisir kecelakaan dan resiko dalam berkendara. Safety Apparels ini meliputi safety helmet sampai ke sepatu yang kita kenakan.

Safety Helmet
Ada berbagai macam dan jenis helm yang tersedia di pasaran, dari yang mulai paling murah sampai yang paling mahal. Sebenarnya dalam memilih sebuah safety helmet, kita hanya memerlukan 2 kriteria saja, yaitu : nyaman dan aman. Nyaman pada saat kita kenakan dan aman dengan memilih helmet yang sudah bertanda "DOT" pada (biasanya) bagian dalamnya.
Kami tidak menganjurkan pemakaian helm proyek untuk dipakai berkendara roda dua. Helmet jenis half face-pun sebisanya dihindari untuk perjalanan ke luar kota.

Jacket
Sekarang ini jacket hadir dalam berbagai macam bahan, warna dan model. Pilihlah jacket yang nyaman dan aman untuk keperluan anda. Tentunya pada perjalanan jauh, kita tidak mungkin membawa berbagai jacket dengan berbagai bahan. Pilihlah yang menyerap keringat dan tidak tembus angin.
Kami sangat merekomendasi jenis dari bahan Gore-Tex atau Cordura yang tahan gesekan dan air yang dilapisi dengan bahan katun di sisi dalamnya.
Pemasangan protector pada pundak, punggung, siku dan sepanjang tulang tangan sangatlah baik untuk meredam benturan yang terjadi pada saat kecelakaan.

Celana
Sangat dianjurkan yang terbuat dari bahan yang tebal, seperti jeans, soft canvas, kulit, Gore-tex dan cordura. Tiga bahan yang disebutkan terakhir memiliki daya tahan gesekan yang lumayan baik. Hanya saja kekurangannya, tidak terlalu nyaman dipakai pada saat matahari sedang terik. Untuk menyiasati hal ini, biasanya dipasanglah lapisan dari bahan katun disisi dalam, agar dapat menyerap keringat dengan baik.
Untuk celana touring buatan pabrik, biasanya juga sudah dipasangkan beberapa pelindung tubuh, antara lain di daerah belakang untuk melindungi tulang ekor, pinggul samping, lutut dan tulang kering.

Sepatu
Pilihan sepatu yang benar untuk berkendara motor tidak hanya nyaman dipakai, tapi yang paling penting adalah lunaknya bagian sendi engkel bagian depan. Hal ini dimaksudkan pada saat anda melakukan "panic break" (pengereman mendadak), kaki anda akan langsung menyalurkan tenaga ke tuas rem secara baik dan tidak tertahan di keras nya sepatu.
Klasifikasi yang memenuhi syarat nyaman dan aman untuk sepatu adalah :
Sepatu haruslah mempunyai tinggi melewati mata kaki dan berpelindung tepat pada mata kaki

* Diusahakan tidak bertali
* Nyaman dipakai
* Terbuat dari bahan alami(kulit)
* Sol yang terbuat dari bahan karet, agar tidak licin
* Mempunyai pelindung di ujung jari kaki
* Mempunyai sirkulasi udara yang baik dan mempunyai lapisan lembut disisi dalamnya.
* Mempunyai angka ukuran yang 1 tabel lebih tinggi dari ukuran kaki kita. Biasanya kita akan mengalami pembengkakan pada kaki pada saat kita melakukan perjalanan jauh.

Sarung Tangan
Selain sebagai pelindung tangan dan jari pada saat udara dingin dan hujan, Glove juga berfungsi sebagai peredam resiko pada saat terjadi kecelakaan.
Sadar atau tidak biasanya pada saat terjadi kecelakaan, telapak tanganlah yang akan menyentuh aspal dan menahan tubuh kita pertama kali. Sama seperti pelindung tubuh lain, glove ini juga bisa dibuat dari berbagai macam bahan, warna dan bentuk yang menarik.

Sementara ini di pasaran, paling banyak tersedia adalah dari bahan kulit dan synthetic. Pilihlah yang berbahan kulit, karena bahan kulit tidak meneruskan sifat panas ke telapak tangan pada saat ada pergesekan dengan permukaan jalan. Bahan synthetic, selain tidak terlalu kuat, dia juga akan menimbulkan rasa panas pada kulit tangan kita.

Saran kami, pilihlah glove panjang dari bahan kulit yang mempunyai pelindung Serat Karbon dan Kevlar pada buku-buku jari. Sebagai pertimbangan anda dalam memilih jenis pelindung, kami juga akan menambahkan bahwa pemakaian bahan fiberglass sebaiknya dihindari. Karena sesuai dengan sifatnya bahwa fiberglass akan patah dengan ujung yang biasanya tajam dan kaku (seperti kaca), patahan ini akan bisa menyebabkan cidera tambahan pada pemakainya. Lebih baik, pergunakanlah bahan serat karbon atau Kevlar sebagai gantinya.

Memang kelihatannya mahal sekali apabila kita membeli semua asesoris di atas …tapi renungkan dan pertimbangkanlah keselamatan anda baik-baik, nilai dan harga bagian tubuh anda sangat tinggi, bukan ?

(source : www.yamaha-motor.co.id)
Diposkan oleh motor matic mania di 09:31
Label: Tips n Trik
Berkendara dengan aman

Di lampu lalu lintas
Sering kita lihat, pengendara motor atau mobil melihat lampu lalu lintas yang diarah lain. Misalkan saat di perempatan, pengendara lihat lampu lalu lintas yang ditujukan pada arah sebelah kanan kita sudah berwarna kuning, maka pengendara langsung bersiap menggeber gas. Hal ini sangat berbahaya karena dari arah tersebut bisa saja masih ada kendaraan yang menerobos lampu kuning. Jadi saat kita dihadapkan pada lampu lalu lintas, perhatikan saja lampu yang ada dihadapan kita. Saat sudah menyala hijau baru kita berjalan, tentu saja dengan tetap memperhatikan kondisi lalu lintas di sekitarnya.

Di dekat mobil
Hati hati jika kita akan melintas di dekat mobil, karena bisa saja penumpang mobil tsb berhenti tiba-tiba dan membuka pintu atau berbelok tiba-tiba. Usahakan saat kita melintas didekat mobil, kita berada pada jangkauan penglihatan kaca spion mobil tsb sehingga pengendara mobil mengetahui keberadaan kita.

Melintas dekat mobil yang berhenti
Saat melintas dekat mobil yang berhenti, kita tidak tahu apa yang ada didepan mobil. Bisa saja ada orang yang akan menyeberang sehingga mobil tsb berhenti. Jadi coba untuk memperlambat kendaraan dan memastikan jalan dalam kondisi aman.

Saat berkendara disamping mobil di sisi dalam tikungan
Ketika mobil berbelok ditikungan, sisi belakang mobil cenderung semakin rapat kesisi dalam karena perbedaan radius putar antara ban depan dan belakang, sehingga tidak aman bagi motor untuk berada disi dalam tikungan saat mobil menikung.

Mendahului mobil yang tidak aman
Mendahului mobil pada posisi yang tidak memungkinkan kita melihat kondisi lalu lintas didepan sangat berbahaya, contohnya:
# Saat berada ditikungan
# Saat di puncak tanjakan
# Dalam terowongan tanpa pembatas jalur
# Dekat persimpangan jalan
# Dalam kompleks perumahan atau dekat sekolah dimana anak-anak banyak bermain

Sedikit tips diatas mudah-mudahan bermanfaat.

(source : www.yamaha-motor.co.id)









Diposkan oleh motor matic mania di 09:28
Label: Tips n Trik
Etika Berkendara

Walau sehari-hari naek motor, kadang-kadang kite ‘apes’ dan terpaksa naik mobil. Eh.., pas di belakang kemudi banyak biker kadang ngeselin. Mereka nyemplak motor, lagaknya jalanan milik moyangnya. Padahal kalau kegebok, bikerlah yang cedera paling besar. Iyalah. Nah, biar kita nggak ngeselin dan terhindar dari celaka, nggak salah menyimak tips hasil rangkuman pengalaman.

HINDARI PELAN TAPI DI TENGAH JALAN
Ini sering terjadi. Mereka adem ayem aje jalan pelan di tengah jalan. Pengemudi mobil bakal kesulitan melewatinya. Apalagi kalau mereka lagi tanggung ngebejek gas. Biker paham etika harusnya ngerti kalau mau pelan, ya minggir. Supaya kagak jadi handicap pengendara mobil.

WAJIB KASIH TANDA SEBELUM BELOK
Di belakang kemudi mobil, sopir sering bertanya. Nih, motor mau belok ape lempeng. Soalnya dia ngambil posisi di tengah jalan dan di depannya ada pertigaan atau gang. Nggak sabar, dia ngambil keputusan dan langsung nyusul. Eeh.., tiba-tiba bikernya belok dan jeedaaar! Mobil menghantam motor. Atau motor nyamperin mobil. Ini akibat biker cuek mau belok. Tanpa sein atau kode tangan. Enak aje dia belok, nggak sadar di belakangnya mobil melaju kencang. Ente wajib melihat ke belakang, kasih tanda kalau mau belok. Jadinya, sopir kagak bingung dan bisa mengantisipasi manuver sobat.

JANGAN NYUSUL MOBIL SEENAK UDELE DEWE
Biasanya terjadi saat lalu lintas lambat merayap alias semimacet. Mobil terpaksa pasrah dalam antrean, sedangkan motor leluasa selimpat-selimpet di antara moncong dan pantat mobil. Sering terjadi, biker memotong antrean dari kiri ke kanan atau sebaliknya dengan jarak tipis banget. Kalau tiba-tiba mobil menambah kecepatan, bisa dipastikan menabrak motor karena jarak sempit tadi. Kalau toh nggak terjadi tabrakan, sopir biasanya kaget dan mengumpat, ”Sialan!” Idealnya, penyemplak memperhitungkan betul kalau mau ‘menggunting’. Perkirakan jarak aman atau saat mobil betul-betul berhenti.

KELUAR GANG JANGAN KAYAK TIKUS GOT
Tikus keluar dari got, tanpa tengok kiri-kanan. Biker jangan begitu dong! Pernah kejadian, seorang rekan lagi nyopir mobil dalam kecepatan tinggi, langsung banting setir. Gara-gara motor keluar gang ke jalan gede seenak udele dewe. “Gue kaget. Akibatnya, mobil terguling dan salah satu keluarga gue luka parah,” cerita Faisal Mahbub yang kala itu ada acara ke luar kota. Ini bener-bener dosa biker. Dalam situasi lain mungkin sopir nggak sempat menghindar dan melabrak biker slonong boy tadi. Prediksi betul kondisi lalu lintas sebelum gabung ke jalur besar.

JANGAN KELEWAT DEKET MOBIL DI STOPAN
Persis lampu merah, sampeyan harus waspada. Nggak sadar, kaki penyemplak nangkring di ban depan mobil. Lampu ijo nyala, mobil jalan dan menggilas kaki penyemplak motor. Serem, orang itu marah-marah sambil ngegedor kaca mobil. Ayo salah siapa? Kenapa nyimpen kaki dekat sama ban mobil. Waspada dong!

BE GENTLEMAN KALAU NYENGGOL MOBIL
Macet, buru-buru... ente pasti selimpetan. Biasanya, setang motor nggak sengaja melabrak spion mobil. Payah banget kalau biker langsung kabur atau belagak bego. Harusnya gentleman dong... Dekati sopir dan minta maaf. Kalau dimaki-maki, ya risiko!

KIAT BALIK ARAH
Mau balik arah pada jalan dengan pemisah jalur, ada kiatnya. Sipnya, semua bodi motor masuk ke pemisah jalan tadi dengan posisi nyerong. Dengan begitu pantat dan moncong motor kagak ada yang nongol. Otomatis, kecil kemungkinan dihantam mobil dari belakang atau depan. Dengan posisi seperti itu pengemudi mobil nggak terhalang.
"YVML Bandung 090"
(source : www.yamaha-motor.co.id)
Diposkan oleh motor matic mania di 09:27
Label: Tips n Trik
Paket Hemat Disk Belakang Vario

tromol diskSebuah produk Instant untuk pemasangan Disk Belakang bagi motor vario ditawarkan oleh bengkel TSM yang bermarkas di Sebuah Bilangan di kawasan Kebon Jeruk. Dalam Paket ini berisi beberapa item yang sangat menarik dan sedikit berbeda dari paket-paket yang biasanya ditawarkan oleh bengkel-bengkel aksesoris.

Paket Hemat Disk belakang ini sangat berguna menghemat waktu jika kita menghendaki pengerjaan dengan cepat.

Paket Hemat ini diimpor langsung dari Thailand dan berisi beberapa item seperti di bawah ini :

1. 1. Tromol yang menjadi satu dengan Cakram yang Keren Punya.
2. 2. Caliper Brembo.
3. 3. Kabel Rem Racing.
4. 4. Master Rem
5. 5. Breket/ adaptor caliper
6. 6. As Roda

Yang menarik disimak dalam paket ini adalah dimasukannya item As Roda yang khusus untuk vario. Saya jarang sekali mendengar dimasukannya As Roda dalam sebuah paket Rem Cakram Belakang.

Disk Cuma ada sedikit kekurangan dari Paket Hemat Rem Disk Belakang yang ditawarkan oleh TSM ini, yaitu hanya bisa untuk Velg Jari-Jari, karena Tromol nya sudah menjadi satu dengan Piringan Pengereman jadi bagi yang ingin tetap menggunakan velg CW paket ini bukanlah pilihan untuk anda.

Tetapi jika anda ingin tetap tampil Sporty dengan pemasangan Rem Belakang, paket ini bisa menjadi pilihan karena mudah dan cepat pemasangannya apalagi dipadukan dengan velg Ride it.

Jika anda berminat, anda bisa menebus Paket-an Piringan Pengereman ini dengan harga toko Rp. 2 Juta Rupiah berikut pemasangan di Kebon Jeruk.

0 komentar: